Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Ngobrol dengan Pasangan di Tempat Spesial dan Waktu Khusus

 


Senyumkeluarga.com- Kesibukan bekerja dan mengurus rumah tangga seringkali menjadi alasan renggangnya hubungan suami istri. Apalagi, jika suami dan istri semuanya berkarir di luar rumah. Bagaimana dengan keluarga Anda? Semoga baik-baik saja. Kunci utamanya, sebetulnya yaitu perlu ada waktu khusus untuk ngobrol dengan pasangan. Seberapa besar Pentingnya ngobrol dengan pasangan ini?

 

Komunikasi yang efektif akan memberikan dampak besar dalam berumah tangga. Bukan komunikasi yang kaku dan terlihat formal, tapi justru komunikasi dalam bentuk ngobrol sanati atau rilex yang akan memberikan pengaruh positif. Sejatinya, masing-masing pasangan butuh diperhatikan, didengarkan, dan dicukupi kebutuhannya. Terkait dengan dicukupi kebutuhannya, tidak hanya soal materi ya... tapi termasuk kebutuhan psikis dan lain sebagainya.

 

Pertanyaannya, selama ini Anda dan pasangan sudah sering melakukan ngobrol santai berdua atau hanya sekedar komunikasi sambil lalu? Jika belum, maka perlu dicoba. Tidak hanya akan menguatkan hubungan ikatan cinta, tapi juga akan memberikan kebahagiaan dan kedamaian dalam hati. Jadi, memang perlu ada penyegaran dalam berumah tangga. Saat melakukan ini juga sebaiknya hanya berdua tanpa menyertakan anak-anak.


 


Selain waktu khusus berdua, pemilihan tempat spesial juga perlu. Bagaimana jika anak-anak mash kecil dan tidak ada yang dititipi untuk ditinggal sementara? Kalau kondisinya seperti ini, mau tidak mau ngobrol santai berdua paling hanya bisa dilakukan di rumah yang tidak perlu meninggalkan anak. Solusi pemilihan waktunya sebaiknya saat anak-anak sudah tidur sehingga akan lebih fokus dan bisa memperhatikan curahan hati masing-masing.

 

Baca Juga : Manfaat Berkumpul Bersama Keluarga

Jika anak-anak bisa ditinggal atau ada yang dititipi, maka akan lebih baik jika pasangan suami istri ngobrol dari hati ke hati ini di luar rumah di tempat spesial. Tempat spesial ini bukanlah tempat yang biaya masuknya mahal, tapi tempat yang mendukung dan membuat nyaman saat ngobrol. Jika senang kulineran, mungkin bisa sekaligus memilih tempat yang menyediakan menu-menu kesukaan suami dan istri.

 

Saking pentingnya ngobrol dengan pasangan dalam menguatkan ikatan hubungan suami istri, kami juga ikut menerapkannya. Kondisinya pun berbeda-beda, seringnya dalam kondisi baik-baik saja. Tapi kadang juga berangkat dari kondisi yang kurang baik. Kurang baiknya gimana? Ya ada sedikit miss komunikasi di rumah sehingga ada ganjalan yang perlu segera diselesaikan. Sering seperti ini? Alhamdulillah tidak sih dan semoga juga tetap terjaga keharmonisannya. Mohon do’anya ya.. untuk keluarga kami.

 

Pernah suatu ketika istri sedikit kesal dan marah pada saya. Anehnya, saya tidak terlalu paham apa yang membuat istri marah. Demi mengembalikan hubungan yang baik, saya mengajak istri ke suatu tempat yang bisa untuk ngobrol-ngobrol santai sekaligus minum dan makan di luar. Di tempat itu Alhamdulillah istri bisa bercerita mengalir dan akhirnya akar masalahnya dtemukan.

 

Setelah mendengar cerita panjang lebarnya, saya pun akhirnya minta maaf ke istri. Apa ayang dilakukan istri kemudian? Ia juga minta maaf atas sikapnya terhadap suaminya ini. Akhirnya sama-sama minta maaf. Asyik kan kalau seperti ini? Alhamdulillah suasana menjadi semakin mencair dari yang awalnya agak kaku karena ada unek-unek yang belum dikeluarkan. Tanpa terasa, waktu berjam-jam sudah dihabiskan untuk ngobrol berdua.

 

Pentingnya ngobrol dengan pasangan bisa menjadi solusi merekatkan hubungan yang agak merenggang. Tapi ini hanya salah satu dari beberapa solusi yang ada. Tentu masih banyak lainnya dan bisa dibahas dari berbagai sudut pandang. Kita sebagai umat Islam, tentu harus mencari solusi yang berdasar panduan Al Qur’an dan hadits Nabi sebagai landasan utama dalam berkeluarga. Semoga Allah merahmati keluarga kita dan mengaruniakan sakinah, mawaddah wa rahmah. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Ngobrol dengan Pasangan di Tempat Spesial dan Waktu Khusus"