Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan Agar Istri Semakin Sayang pada Suami dalam Kehidupan Berumah Tangga

 

Senyumkeluarga.com - Suami mana sih yang tidak menginginkan istrinya senantiasa menyayanginya? Kehidupan rumah tangga yang bahagia, harmonis, tentram, dan saling menyayangi satu sama lain pasti menjadi dambaan setiap keluarga. Sayangnya, banyak yang tidak tahu apa yang harus dilakukan. Berikut ini merupakan tips atau amalan agar istri semakin sayang terhadap suaminya.

 

1.     Jadilah suami yang senantiasa mau mengerti

Bagaimana mungkin seorang istri akan semakin sayang pada suami jika suami tersebut jarang atau bahkan tidak mau mengerti kondisi istri? Barangkali, di awal-awal  pernikahan hal ini masih bisa bertahan dengan baik. Akan tetapi, jika dibiarkan dan terjadi terus menerus maka istri bisa menjadi tidak tahan dan menumpahkan kemarahan besar pada suaminya.

 

Meski istri harus taat pada suami dalam setiap kondisi, tapi suami juga harus mau memahami istrinya secara mendalam. Suami harus memahami apa yang disukai dan dibenci istri, apa yang diharapakan dalam kehidupan berumah tangga, dan dalam kondisi seperti apa istri bisa benar-benar merasakan bahagia. Semua itu harus dipahami suami.

 




Setelah mengetahui kondisinya, maka langkah yang harus dilakukan suami adalah menyesuaikan diri dan berusaha untuk memenuhi apa yang diharapkan istri. Jika istri misalnya ingin dimengerti saat sibuk, maka suami harus paham saat istri sibuk biasanya menginginkan apa. Jika istri ingin dimengerti saat capek, maka suami harus gerak cepat misalnya dengan memijat atau memberi bantuan lain.

 

Jika ini dipraktekan dengan baik dan konsisten atau istiqamah, bukan hal yang mustahil jika istri memiliki rasa cinta yang semakin dalam terhadap suaminya. Tidak perlu bersusah-susah untuk menjadikan istri bahagia. Menjadi suami yang mau mengerti istri adalah pondasi awal untuk membangun rumah tangga sakinah.

 

2.     Buatlah peraturan dalam berumah tangga

Setiap keluarga memiliki aturan masing-masing. Adanya aturan ini akan memberi rambu-rambu mengenai apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya ditinggalkan. Buatlah kesepakatan bersama-sama tanpa merugikan salah satu pihak. Bisa dikatakan bahwa peraturan ini semacam visi misi dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

 

Dalam keluarga kami misalnya, dibuat kesepakatan antara lain : pertama, jika semuanya berkumpul di rumah, maka dari jam 18.00 s.d 21.00 tidak menonton televisi maupun menyalakan HP. Hal ini dimaksudkan agar kebersamaan antara ayah, ibu, dan anak bisa maksimal. Waktu kebersamaan ini bisa digunakan untuk ngaji, belajar, maupun ngobrol santai.

 

Kedua, suami membantu istri dalam mengurus rumah tangga. Suami membantu nyuci baju, sementara istri bagian nyetrika. Peraturan ini saya (sebagai suami) yang meminta dengan harapan bisa meringankan beban istri, jika kondisinya sedang sibuk-sibuknya, maka cucian bisa dilaundy.

 

Masih banyak peraturan-peraturan lain yang kami buat. 2 contoh di atas sebagai gambaran tentang peraturan yang diterapkan pada keluarga kami. Anda bisa membuat peraturan yang saling menguntungkan dan bisa membahagiakan kehidupan berumah tangga.

 

3.     Perbanyaklah bermesraan dengan istri di rumah

Saat awal-awal menikah, bermesaraan merupakan kata yang tidak asing bagi pasangan suami istri. Tapi, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia pernikahan, bermesraan kadang lupa dilakukan dan tidak menjadi perhatian utama.

 

Ada yang beralasan karena semuanya sudah sibuk bekerja mencukupi kebutuhan keluarga, ada juga yang beralasaan sudah capek mengurus rumah tangga, bahkan ada yang beralasan karena sudah banyak anak sehingga tidak sempat bermesraan. Entah apa pun itu alasannya, bermesraan tetap perlu senantiasa dilakukan.

 

Suami bisa menggoda istri dengan ucapan-ucapan manis, bisa memeluk dari belakang saat istri masak, bahkan bisa memuji bentuk tubuh yang dimiliki istri, dan bermanja-manjaan dengan istri. Ini merupakan cara sederhana tapi seringkali dilupakan karena sudah merasa sibuk dengan pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing.

 

4.     Seringlah menanyakan kondisi kesehatan istri

Meski suami tahu apa yang sedang dialami istri terkait kondisi kesehatannya, namunn tidak ada salahnya untuk senantiasa bertanya. Hal ini justru bisa semakin menjadikan istri merasa diperhatikan oleh suaminya.

 

Lebih-lebih jika istri memang dalam kondisi sakit, maka perhatian dan bantuan yang diberikan oleh suami akan sangat berarti dan ditunggu-tunggu. Sebaiknya, suami bisa memberikan bantuan dan perhatian tanpa diminta oleh istri.

 

5.     Perhatikan dan sayangi keluarga istri

Istri tentu memiliki keluarga besar. Baik itu ayahnya, ibunya, saudara kandungnya, maupun saudara-saudara dari jalur ayah dan ibunya. Suami yang memperhatikan dan menyayangi keluarga besar istri, maka akan semakin menumbuhkan cinta istri pada suaminya.

 

Bersikap sopan dan lemah lebut pada keluarga istri, memberikan bantuan materi, atau sekedar mendatangi undangan yang diberikan oleh keluarga istri merupakan cara-cara yang bisa dilakukan dan terbukti memberika dampak positif pada kehidupan rumah tangga kita.

 

6.     Ucapkanlah terima kasih kepada istri

Ucapan terimakasih yang sering kita berikan pada atasan maupun bawahan di kantor atau tempat bekerja kita, jangan lupa untuk diberikan pada istri juga. Istri sudah  banyak melakukan pekerjaan di rumah dan akan sangat merasa dihargai saat suami mengucapkan terima kasih.

 

Ucapan terima kasih tulus yang diberikan suami kepada istrinya akan menguatkan istri meski kadang kondisinya benar-benar capek dalam mengurus anak maupun rumah tangga. Ucapan positif ini ibarat energi yang akan memperlancar roda berputarnya kehidupan berumah tangga.


Baca Juga : Tanggung Jawab Ayah

 

7.     Ajaklah istri jalan-jalan

Istri biasanya suka piknik dan diajak jalan-jalan. Karena itu, suami harus memahaminya. Kadang tidak butuh pergi ke tempat yang jauh dan mahal, bahkan pergi jalan-jalan atau sepedaan bersama-sama di pagi hari sudah bisa membahagiakan.

 

Hal ini juga pernah diungkapkan oleh istri saya ketika suatu waktu kami berjalan mengelilingi kampung di pagi hari setelah sholat subuh. Istri merasa bahagia meski ini  merupakan hal yang sederhana.

 

Meski istri merasa bahagia dengan jalan di tempat yang dekat, suami harus tetap menganggarkan dan mengagendakan untuk pergi jalan-jalan atau piknik ke tempat yang agak jauh dan memberikan suasana baru. Hal ini agar istri semakin senang dengan perlakuan suaminya.

 

8.     Perbanyak senyum jauhi amarah

Senyum adalah hal sederhana tapi memberikan impact yang dahsyat. Berbeda halnya dengan suami yang senangnya cemberut apalagi marah-marah, maka suami yang suka senyum akan lebih menentramkan dan membahagiakan istri. Bahkan Rasulullah dalam haditsnya juga pernah menyampaikan bahwa senyum itu ibadah.

 

Karena pentingnya senyuman ini, maka kami juga akhirnya membuat blog dengan tagline senyum keluarga : sejuk dan menentramkan. Kami berharap agar keluarga di Indonesia benar-benar memperhatikan hal sederhana ini. Pembiasaaan senyum yang dicontohkan oleh suami, akan menular ke istri dan anak-anaknya yang akhirnya semuanya merasa kesejukan dan ketentraman.

 

9.     Sempatkanlah waktu untuk mengobrol santai

Sesibuk apapun pekerjaan yang dilakukan suami di luar, atau bahkan istri juga ikut bekerja di luar, waktu untuk ngobrol santai harus tetap dialokasiakan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kekakuan dalam kehidupan berumah tangga.

 

Tidak perlu menunggu akhir pekan. Saat malam hari setelah sholat isya maupun jelang tidur juga bisa digunakan untuk mengobrol santai dari hati ke hati antara suami dan istri. Jika waktunya lebih banyak, maka bisa dilakukan pada waktu yang lainnya misalnya di pagi hari atau sore hari.

 

Mengobrol santai dari hati ke hati merupakan amalan agar istri semakin sayang yang perlu menjadi perhatian suami. Jangan sampai karena sibuk bekerja, akhirnya meninggalkan perkara ini. Bukankah tujuan bekerja adalah untuk mencukupi kebutuhan istri dan anak-anak? Ngobrol santai juga merupakan cara untuk mencukupi kebutuhan batin istri.

 

10.            Lembutlah saat berbicara dengan istri

Berkata lemah lemah lembut dan tidak kasar merupakan cara yang bisa melelehkan hati istri. Jika istri berkata agak kasar, apakah harus dibalas dengan kasar juga? Jika ini yang dilakukan oleh Anda, maka bukan kedamaian yang akan didapati melainkan permusuhan dan ketidak tenangan yang akan diperoleh dalam kehidupan rumah tangga.

 

Hati istri sifatnya mudah tersentuh, karena itu perkataan-perkataan dari suami yang disampaikan secara lembut, akan bisa membuat istri semakin suka dengan perangai suami. Perkataan yang lembut ini juga bisa dicontoh oleh anak-anak kita jika senantiasa dibiasakan.

 

11.             Jadilah pendengar yang baik

Pada umumnya, istri akan lebih banyak bercerita ketimbang suaminya. Jurus sederhana agar istri merasa dihargai yaitu dengan mendengarkan secara seksama saat istri bercerita. Namun, tentunya cerita-cerita baik yang perlu didengarkan.

 

Jika istri mulai bercerita tentang keburukan teman-teman, tetangganya, atau siapa pun, sebaiknya sebagai suami yang baik jangan mendengarkan dan memberikan nasehat lembut agar istri tidak melakukan kebiasaan seperti itu lagi. Ghibah merupakan perbuatan tercela yang harus dihindari.

 

12.            Berikan ciuman sayang pada istri saat akan berangkat kerja

Kecupan sayang di kening atau pipi istri juga bisa memberikan dampak positif. Hal ini perlu menjadi kebiasaan meskipun sudah lama dalam berumah tangga. Bukan hal yang sepele jika masing-masing keluarga memahami manfaatnya.

 

Kecupan ringan ini bisa diberikan saat suami akan berangkat kerja maupun saat pulang kerja. Energi kecupan ini akan memberi semangat pada suami  maupun istri dalam  menjalani hari-harinya. Jangan lupa bagi para istri yang di rumah, juga sennatiasa mendo’akan kebaikan untuk suaminya yang sedang bekerja di luar.

 

13.            Selalu do’akan istri dan keluarga

Ikhtiar-ikhtiar lahir dilakukan, tidak akan sempurna jika mengabaikan pertolongan Allah dan ikhtiar batin. Justru hal ini menjadi kunci yang perlu dipegang oleh setiap keluarga muslim. Kalau dipikir, seberapa kuat dan hebat diri ini untuk menjadikan istri semakin sayang? Jika tanpa campur tangan Allah, mustahil hal ini akan berjalan dnegan baik.

 

Berdo’alah secara sungguh-sungguh dalam waktu-waktu mustajab agar Allah mengaruniakan kehidupan rumah tangga yang damai, sejuk, tentrama, bahagia, dan senantiasa dicukupkan segala kebutuhannya. Berdo’alah juga agar bisa membahagiakan istri dan istri juga semakin sayang pada suami.

 

Demikian tadi 13 tips amalan agar istri semakin sayang yang perlu dilakukan dalam kehidupan berumah tangga. Anda masih memiliki cara lain yang terbukti manjur? Bisa ditambahkan di kolom komentar sehingga bermanfaat untuk keluarga muslim lainnya.

Posting Komentar untuk "Amalan Agar Istri Semakin Sayang pada Suami dalam Kehidupan Berumah Tangga"