Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk! Kenalkan dan Ajak Anggota Keluarga untuk Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram 1442 H 2020 M

Puasa tanggal 10 Muharram atau biasa disebut puasa Asyura merupakan puasa yang hukumnya sunnah dan memiliki keutamaan besar. Sebagaimana yang sudah banyak diketahui, keutamannya yaitu bisa menghapuskan dosa setahun yang lalu. Pada tahun ini yaitu tahun 1442 H, puasa sunnah ini bertepatan dengan hari sabtu tanggal 29 Agustus 2020. Sebagai keluarga muslim, yuk kita ajak anggota keluarga untuk sama-sama melaksanakan puasa sunnah Asyura 10 Muharram 1442 H.

 

Muharram disebut juga bulan Allah atau syahrullah. Puasa di bulan ini merupakan sebaik-baik puasa (setelah puasa wajib). Jika melaksanakan puasa secara bersama-sama akan melahirkan suasana yang menggembirakan dan terasa lebih ringan. Sahur yang awalnya terasa berat akan lebih ringan jika semua anggota keluarga bareng-bareng bangun tidur dan sahur bersama. Pada saat buka atau waktu maghrib tiba, kebahagiaan yang dirasakan akan semakin bertambah.

 

Dalil Perintah dan Keutamaan Puasa Asyura

Berikut ini merupakan dalil berupa hadits yang menujukkan perintah untuk menunaikan puasa sunnah 10 Muharram.

Ibnu Abbas berkata :

مَارَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّ صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ

اِلَّا هَذَا الْيَوْمِ : يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَهَذَا اشَّهْرَ يَعْنِيْ شَهْرَ رَمَضَانَ

“Aku tidak pernah melihat nabi benar-benar perhatian dan menyengaja untuk puasa yang ada keutamaannya daripada puasa pada hari ini, hari Asyura dan puasa bulan Ramadhan” (H.R Bukhari dan Muslim)




 

Sedangkan terkait dengan keutamaanya, bisa dilihat dalam hadits dari Abu Qatadah Al Anshoriy berikut ini :

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Beliau (Rasulullah) ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura. Beliau menjawab : puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (H.R Muslim)

 

Memperhatikan dalil naqli di atas terkait dengan perintah dan pahala atau keutamaan dari puasa Asyura di atas, tentu kita tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang hanya datang satu tahun sekali kan? Mari kita niatkan untuk bisa menunaikannya sekaligus mengajak semua anggota keluarga.

 

Mengawali Puasa Asyura dengan Puasa Tasu’ah

Terkait dengan puasa Asyura, biasanya banyak pertanyaan “apakah harus memulai dengan puasa tasu’ah?” Puasa tasu’ah ini memang belum pernah dikerjakan Rasulullah. Beliau sudah berniat bahwa tahun depan akan melaksanakan puasa tasu’ah, tapi ternyata Allah berkehendak lain. Rasulullah wafat sebelum tiba hari tasu’ah yang diniatkan akan berpuasa.

 

Jika kita akan mengawali dengan puasa tasu’ah terlebih dahulu sebelum melaksanakan puasa Asyura, maka hal ini merupakan amalan yang baik dan menurut Imam An Nawawi puasa tasu’ah sebagai cara untuk menyelisihi puasanya orang Yahudi. Kaum Yahudi biasanya hanya melaksanakan puasa 1 hari yaitu tanggal 10 Muharram. Apabila tahun ini keluarga Anda akan berpuasa tasu’ah, maka pelaksanaannya pada hari jum’at tanggal 28 Agustus 2020.

 

Mengajak Anggota Keluarga Ikut Melaksanakan Puasa 10 Muharram

Bagi sebuah keluarga yang sudah terbiasa melaksanakan puasa sunnah secara bersama-sama, tentu akan terasa mudah jika tahun 2020 M atau 1442 H ini kembali melaksanakan puasa Asyura secara bersama. Jika dalam sebuah keluarga ada yang belum terbiasa melaksanakannya padahal tidak ada halangan (mampu) untuk ikut puasa, maka perlu ada trik khusus untuk mengajaknya.

 

Keteladanan menjadi kunci utama agar orang lain juga mau ikut melakukan kebaikan, dalam  hal ini puasa sunnah. Kunci berikutnya yaitu dengan menyampaikan keutamaan dari puasa ini terhadap anggota keluarga yang belum terlalu paham. Biasanya, manusia akan melakukan sesuatu yang ada iming-iming menariknya. Adapun kunci ketiga yaitu saling membangunkan dan sahur secara bersama-sama dan bila perlu menggunakan menu favorit. Kunci keempat dan paling penting, jangan bosan untuk senantiasa mendoakan anggota keluarga agar mudah melakukan kebaikan-kebaikan.

 

Adapun terhadap anak yang masih kecil dan biasanya sudah ikut latihan puasa wajib, tidak ada salahnya juga untuk mengajak berpuasa Asyura. Pada tahun ini, saya dan istri menginfokan puasa Asyura kepada anak pertama yang saat ini berusia 5 tahun dan ramadhan kemarin sudah latihan berpuasa. Apa responnya? Ternyata merespon dengan baik dan gembira mau ikut berpuasa. Alhamdulillah, sungguh nikmat yang sangat besar melihat respon ini.  Semoga Allah memampukan keluarga kita untuk puasa sunnah Asyura 10 Muharram 1442 H.


Posting Komentar untuk "Yuk! Kenalkan dan Ajak Anggota Keluarga untuk Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram 1442 H 2020 M"